Perbedaan Oli Mobil Matic Dan Manual
Oli Mobil Matic Beda dengan Oli Mobil Manual
Pada udah tahu jika oli mobil tidak boleh untuk motor,
karena banyak yang bilang jika kerja oli motor lebih berat
dibanding oli mobil. Kebenarannya masih dipertanyakan namun yang
pasti oli mobil manual dan matic itu berbeda? Oli mobil manual hanya
berfungsi sebagai pelumas untuk kompenen mesin sedangkan oli mobil matic
tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja tetapi juga sebagai penghantar dalam
mekanisme perpindahan gigi otomatis. Biasanya oli khusus untuk mobil metic
dinamain oli transmisi.
Efek Salah Menggunakan Oli Mobil
yang bukan transmisi atau jarang mengganti oli transmisi? Oli akan lebih
cepat panas dan menyebabkan komponen kopling hidrolik dan komponen rem lebih
cepat aus. Worst case-nya, komponenkopling dan rem bisa terbakar. Jika
sampai komponen terbakar, apa yang terjadi? Jika komponen terbakar maka tidak
ada lagi yang bisa meneruskan tenaga dari mesin ke penggerak roda mobil.
Jika roda mobil tidak bergerak, ya berarti mogok. Paling gak enak mogok di
daerah sepi tanpa sinyal, horror bok!!!
Pada umumnya oli transmisi yang
digunakan untuk mobil matic adalah jenis ATF, CVTF, WS dan T-IV. Untuk mobil
matric keluaran di atas tahun 2000, biasa menggunakan tipe DEXRON VI.
Namun tetap untuk amannya, cek buka panduan untuk mengetahui jenis oli
transmisi yang cocok dengan mobil maticmu karena bisa saja mesin mobilmu
berbeda dengan yang lain. Jadi amamnya, cek informasi yang sudah disertakan
dari pabrik karena pabrik sudah melakukan uji coba jenis oli mobil yang cocok
untuk mobil metic-mu.
Untuk mobil matic, kuras dan ganti
oli transmisi memiliki arti yang berbeda. Loh kok bisa? Bukannya
untuk mobil manual, ke-2 istilah tersebut memiliki arti yang sama? Yap sama
jika kasusnya untuk mobil manual. Lalu apa perbedaaan dari ke-2 istilah ini
untuk mobil matic? Simak penjelasan singkat berikut ini:
- Ganti oli berarti pihak bengkel hanya membuka baut yang terdapat di karter gearbox sehingga oli transmisi yang terbuang hanyalah oli transmisi yang ada di dalam karter gearbox. Oli transmisi yang ditampung di gearbox ini biasanya hanya 3-4 liter doang.
- Kuras oli berarti menguras oli transmisi yang tersimpan di dalam mesin. Total oli yang terbuang biasanya 7-10 litter. Dalam proses mengurasnya kamu bisa memilih menggunakan cara manual atau menggunakan alat khusus yang disebut ATF Changer.
No comments: