Header Ads

Seo Services

CARA TUNE UP ENGINE MOBIL DISEL







Tune-up Mesin Diesel


TUNE UP



TUNE-UP Merupakan pekerjaan perawatan rutin atau servis ringan yang dilakukan secara periodik atau saat mesin mobil mengalami gangguan-gangguan kecil. Tune-up dilakukan biasanya setelah kendaraan mencapai jarak tempuh 10.000 - 15.000 km. Maksud mengembalikan tenaga mesin seperti semula
Pemeriksaan, pembersihan, penggantian, dan penyetelan komponen atau bagian-bagian mesin menjadi bagian tune-up dengan berbagai prosedur yang ditempuh.
TUJUAN TUNE UP

Tune up merupakan usaha untuk mengembalikan kondisi mesin seperti semula apabila kendaraan mengalami gangguan dan kerusakan akibat pemakaian secara terus menerus. Tujuan dari Tune up adalah agar kendaraan tetap menghasilkan tenaga yang maksimal dan senantiasa dalam kondisi baik.
 

TUNE UP MOTOR DIESEL

1.Sistem Pendinginan
 
2.Memeriksa/mengganti/menyetel tali kipas.
 
     3.Memeriksa/membersihkan/mengganti filter udara, solar dan oli.

     4.Memeriksa baterai (accu).


     5.Memeriksa oli.


6.memeriksa/menyetel celah katup.


7.Membersihkan injector dengan menggunakan injector cleaner.


Tune-up mesin diesel yang paling penting adalah;


Membersihkan intake manifold. Karena mobil diesel cenderung memiliki saluran masuk yang lebih kotor ketimbang mesin bensin. Uniknya, proses pembersihan ini mirip dengan menyemprotkan engine conditioner yang dipakai buat mobil bensin.





https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSRzNZjknYZ7_7Bl7QWRBtMZj1dqmuEhSi-4BeJ2fkJLVHrb78iHA


Bedanya, cairan yang dipakai harus khusus buat diesel dengan harga Rp 100 ribuan. Sebab karakternya jelas berbeda dengan bensin. Mudah kok mencarinya, tabung kemasan memang mirip engine conditioner buat bensin tetapi ada tulisan khusus buat diesel (Gbr.1).








 


Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

No comments:

Powered by Blogger.